Jakarta, 19 Juni 2017 – Emiten yang bergerak di bidang telekomunikasi, PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) bukukan laba 3 kali lipat pada periode Q1 2017. Laba bersih perseroan mencapai Rp 7,88 miliar atau melonjak sebesar 203,08 % bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Lonjakan laba bersih yang sangat signifikan tersebut, ditopang oleh perolehan penjualan perseroan yang juga mengalami kenaikan tajam hingga mencapai 438,83% (Q1 2017 to Q1 2016). Yakni dari Rp 195,97 miliar menjadi Rp 1,05 triliun.  

Mengacu pada laporan keuangan kuartalan Perseroan, penjualan didominasi oleh produk-produk telkomsel seperti voucher isi ulang pulsa dan sim card yang tercatat sebesar Rp 994,85 miliar pada QI 2017.  Selain voucher isi ulang pulsa dan sim card, angka penjualan produk aksesoris dan modem yang cukup fantastis bahkan hingga mencapai Rp 76,74 miliar, juga turut menyokong perolehan penjualan MKNT.

“Pendapatan perusahaan didominasi oleh penjualan pulsa isi ulang karena kebutuhan masyarakat yang konsisten dan juga harga yang cukup terjangkau,” kata Direktur Utama MKNT, Jefri Junaedi.

Sampai dengan akhir tahun ini, Perseroan optimis untuk membukukan kenaikan laba yang positif. Pasalnya perseroan sudah memiliki langkah-langkah strategis guna mengerek omset penjualan menjadi lebih besar lagi. Direktur Utama MKNT, Jefri Junaedi, mengatakan bahwa langkah-langkah strategis tersebut terbagi menjadi 2 langkah utama yaitu pengembangan internal dan eksternal.

Pengembangan internal akan lebih ditekankan pada penguatan jaringan IT untuk mendukung kegiatan operasional dan digitalisasi bisnis. Sedangkan untuk pengembangan eksternal, Perseroan akan memperluasan jaringan melalui penambahan outlet non-Telco, penambahan reseller, penambahan keagenan, penguatan penjualan, dan melakukan kerjasama melalui mekanisme investasi strategis di perusahaan e-commerce Kioson.

“Perseroan optimis kegiatan usaha telekomunikasi dan internet memiliki prospek yang masih sangat menjanjikan. Sebab eksistensi perangkat selular (smartphone maupun tablet) sudah menjadi kebutuhan mendasar dan lifestyle di kalangan masyarakat. Karena itu, kedepannya Perseroan akan lebih fokus meningkatkan penjualan pulsa isi ulang secara massive,” jelas Jefri Junaedi.

Langkah-langkah strategis tersebut, lanjut Jefri, menjadi bagian dari fokus Perseroan untuk memenuhi target penjualan tahun ini yang besarannya mencapai Rp 6 triliun.

 

Grafik Pertumbuhan Penjualan PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk

(Dalam Jutaan Rupiah)

grafik-penjualan.jpg

 

Grafik Pertumbuhan Laba Bersih PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk

(Dalam Jutaan Rupiah)

grafik-laba-bersih-mknt-2017.jpg

 

dscf0484.jpg

dscf0503.jpg

dscf0518.jpg

 

 dscf0564.jpg

dscf0569.jpg

dscf0566.jpg