Jakarta, 02 Agustus 2017 – PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) mencatatkan kinerja yang positif sepanjang kuartal II tahun ini.

Emiten yang bergerak di bidang telekomunikasi ini mampu mengeruk untung hingga Rp 23,14 miliar. Padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya, perseroan hanya untung tipis Rp 4,69 miliar. Sehingga laba Perseroan tercatat naik sebesar 393,39% (Q2 2017 to Q2 2016) .

Tingginya persentase laba yang diperoleh Perseroan disokong oleh peningkatan penjualan yang terjadi selama kurun waktu 6 bulan terakhir. Perseroan mencatatkan penjualan meningkat tajam dari yang sebelumnya hanya Rp 516,72 miliar menjadi Rp 2,86 triliun atau sebesar 452,94%.

Sekertaris Perusahaan, Ornella Bartin, mengatakan bahwa industri telekomunikasi tanah air masih terus bertumbuh. Utamanya pada bisnis distribusi pulsa isi ulang dan kartu perdana. Tingginya pertumbuhan tersebut ditandai dengan besarnya skala pertumbuhan yang mencapai angka double digit.

“Saat ini, satu-satunya industri yang masih bertumbuh dengan baik yaitu industri telekomunikasi. Sebab fungsi dari telekomunikasi itu sendiri sudah bergesar dari yang tadinya hanya kebutuhan pelengkap sekarang sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat,” jelasnya.

Total aset yang dimiliki oleh emiten berkode MKNT ini meningkat sebesar 399,86%. Pada kuartal kedua tahun lalu, Perseroan hanya mencatatkan total aset sebesar Rp 157,85 miliar sementara pada kuartal kedua tahun ini berhasil mencapai Rp 789,03 miliar.

Lanjut Ornella, kinerja Perseroan yang positif juga mendorong liquiditas saham emiten di lantai Bursa. Berdasarkan laporan keuangan interim, laba per saham per akhir Juni 2017 sebesar Rp 19,36 sedangkan pada periode yang sama tahun lalu hanya tercatat sebesar Rp 4,55. Sementara itu, pergerakan saham MKNT pada hari Selasa (01 Agustus 2017) tampak berada di zona hijau. Saham MKNT dibuka menguat pada level 500 dan ditutup pada level 535 atau naik sebesar 35 poin dibandingkan pada penutupan sebelumnya. Ditransaksikan pada rentang harga 500 sampai 585 dengan volume transaksi sebesar 716.100 saham. Sedangkan pada hari ini laju saham MKNT masih berada di zona aman dengan dibuka pada level 555 atau naik 3,74% dan diperdagangkan pada rentang 540 – 580.

Ornella Bartin, menambahkan peningkatan kinerja positif ini akan menjadi stimulus bagi Perseroan untuk mencapai target hingga akhir tahun. Ia pun mengaku sudah memiliki beberapa strategi yang akan dilakukan pada semester kedua tahun ini. Langkah-langkah tersebut diantaranya:

-          Memperluas wilayah distribusi

-          Menguatkan sistem di cluster-cluster (cluster adalah wilayah regional yang terdiri dari beberapa gerai distribusi di daerah tertentu). Menggunakan sistem yang memungkinkan pemantauan data secara real time.

-          Meningkatkan kinerja SDM dengan cara optimalisasi produktivitas sales canvasser.

 

 “Saat ini kami fokus dalam mentransform bisnis kami menjadi ecosystem Digital dan Fintech , dimana dengan bantuan technology kami akan mendapatkan efisiensi yang luar biasa dan bisa menciptakan peluang bisnis baru,” jelasnya.