Jakarta, 28 Agustus 2017 – Emiten yang bergerak di bidang telekomunikasi berbasis digital, PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT), kembali mengakuisisi perusahaan yang bergerak dalam bidang penjulan pulsa. Perusahaan yang dimaksud yaitu PT Graha Planet Nusantara (GPN).

Mekanisme akuisisi dilakukan Perseroan melalui anak usahanya, PT Mitra Sarana Berkat (MSB) dengan total lembar saham sebanyak 89.999 lembar seharga Rp 100.000,- per lembarnya atau  senilai Rp Rp 8,99 miliar dan setara 99,99 % total kepemilikan Perseroan atas saham GPN. Sumber pendanaan berasal dari kas internal Perseroan.

Dan dengan begitu, Perseroan akan memiliki 1 tambahan entitas anak usaha di bawah MSB, setelah sebelumnya 4 entitas usaha sudah beroperasi di antaranya PT Catalist Integra Prima Sukses (CIPS), PT Arifindo Mandiri (AM),  PT Kasih Anugerah Kreasi (KAK), dan PT Permata Ibu Optima (PIO).

“ Perseroan baru saja mengakuisisi PT Graha Planet Nusantara (GPN), dibawah anak usaha PT Mitra Sarana Berkat (MSB). Sekarang Perseroan memiliki total 99,99 % atas saham GPN,” jelas Sekretaris Perusahaan, Ornella Bartin.

Diketahui PT GPN memiliki usaha di bidang yang sama yaitu penjualan pulsa Telkomsel. Sementara itu, wilayah operasionalnya mencakup Tangerang. Kapasitas penjualan GPN per bulan mencapai 60 sampai 80 miliar rupiah.

Aksi korporasi yang dilakukan ini menjadi bentuk konsistensi Perseroan terhadap salah satu strategi bisnis  tahun ini, yaitu melakukan pertumbuhan anorganik dengan cara menggandeng perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Seperti telah disampaikan Perseroan beberapa waktu lalu, Perseroan akan terus berupaya untuk menjalankan 5 strategi bisnis utama yaitu Memperkuat jaringan IT, Penambahan reseller pulsa, memperkuat penjuaan smartphone, memperluas kerjasama melalui mekanisme kemitraan dengan beberapa principal (Samsung, Oppo, dan Vivo), dan memperluas bisnis Perseroan melalui investasi di PT Kioson Komersial Indonesia.

“ Aksi korporasi ini bagian dari 5 strategi bisnis perseroan tahu ini. Terutama poin penambahan reseller pulsa,” tambah Ornella.

Selain PT GPN, penambahan reseller pulsa akan terus dilakukan oleh Perseroan hingga akhir tahun ini. Ornella menegaskan, saat ini pihaknya masih terus mempelajari beberapa perusahaan yang dinilai potensial untuk digandeng.

 

Untuk diketahui, dengan adanya PT GPN sebagai cucu usaha baru Perseroan, maka secara Struktur Group menjadi berubah sebagai berikut.

Anak usaha perseroan terdiri dari :

1.      PT Mitra Sarana Berkat

2.      PT Mitra Telindo Nusantara

3.      PT Kioson Komersial Indonesia

 

Anak usaha perseroan di bawah PT Mitra Sarana Berkat terdiri dari :

1.      PT Catalist Integra Prima Sukses (CIPS)

2.      PT Arifindo Mandiri (AM)

3.      PT Kasih Anugerah Kreasi (KAK)

4.      PT Permata Ibu Optima (PIO)

 PT Graha Planet Nusantara (GPN)