PT Kioson Komersial Tbk Indonesia merupakan perusahaan online to offline (O2O) yang mengintegrasikan Online Merchants dan Offline Customer melalui Jaringan Kemitraan. Kioson didirikan pada tanggal 8 Agustus 2015, berdasarkan Surat Pernyataan Keputusan Pemegang Saham No. 195 tanggal 23 Mei 2017, yang diketahui oleh notaris Hasbullah Rasyid, Kioson memiliki modal disetor sebesar Rp 50.000.000.000,- (lima puluh miliar rupiah). Kioson didirikan dengan memiliki Visi untuk membangun jaringan Electroic retailer (E-tailer) terbesar di Indonesia dengan bekerjasama dengan pihak mitra usaha pedagang kecil dan menengah yang tersebar diseluruh pelosok nusantara dan Misi memberikan daya ungkit kepada pengusaha kecil dan menengah dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan daya saing sehingga membantu kesejahteraan para mitra.

 

PT Kioson Komersial Tbk Indonesia memiliki jumlah total saham sebanyak 500.000.000 lembar saham. Susunan kepemilikan saham sebagai berikut :

PT Artav Mobile Indonesia                                           : 70,06 %

PT Sinar Mitra Investama                                              : 12,5 %

PT Seluler Makmur Sejahtera                                     : 12,5 %

PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk                        : 4,94 %

 

Struktur Organisasi PT Kioson Komersial Indonesia Tbk :

Dewan Komisaris

Komisaris Utama                                                              : Viperi Limiardi

Komisaris                                                                             : Roby Tan

Komisaris Independen                                                  : Tan Giok Lan

 

Dewan Direksi

Direktur Utama                                                                 : Jasin Halim

Direktur Keuangan                                                          : Setiawan Parikesit Kencana

Direktur Independen                                                     : Rico Ofna Putra

 

Kegiatan Usaha Kioson :

·         Kioson bekerjasama dengan puluhan perusahaan menyediakan akses transaksi dan pembayaran yang mudah untuk pengusaha kecil dan menengah di area rural.

·         Kioson menjembatani akses antara perusahaan urban dan pengusahaan kecil dan menengah di area rural untuk saling terhubung dan melakukan transaksi.

·         Pedagang kecil dan menengah dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan masyarakat rural disekitarnya.

E-commerce & Payment

Kioson adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan online atau e-commerce* dan teknologi.

*e-commerce adalah perdagangan secara elektronik atau sebuah proses penjualan dan pembelian atau pertukaran barang dan jasa yang melibatkan dua belah pihak (penjual dan pembeli) dengan menggunakan sebuah sistem elektronik yang saling terhubung

Online to offline

 Kioson menyediakan aplikasi digital yang diperuntukkan bagi seluruh toko kecil dan UMKM di seluruh Indonesia.

Kioson menjembatani seluruh transaksi digital yang dahulunya hanya untuk perusahaan-perusahaan besar.

 

Keunggulan Kompetitif :

·         Jumlah Mitra UMKM

·         Memiliki Produk dan jasa unik

·         Sebagai pioneer di bidang e-commerce UMKM

 Kioson memiliki 15.000 Mitra yang tersebar di 480 Kota di Indonesia. 

 

Produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi Kioson :

1.       Penjualan Voucher (Pulsa, TV, Listrik, dan Game)

2.       Bayar Tagihan (Air, TV, Listrik, Telepon, dll)

3.       Akses e-commerce (Gadget, Fashion, Aksesoris, Rumah Tangga)

4.       Akses Finansial (BNI Agen Laku Pandai)

5.       Akses Asuransi (Bayar dan Jual)

6.       Keagenan (Multifinance, OLX, Tokopedia)

Proses Bisnis Kioson yang Online to Offline (O2O) :

1.       Kunjungi Toko

2.       Pilih Produk

3.       Bayar Tunai

4.       Produk dikirim

5.       Terima Produk

Proses Keuangan Kioson :

1.       Mitra Top-Up Saldo – Top Up Via Transfer Bank

2.       Saldo di ambil setiap Transaksi – Top Up Via Virtual Account

3.       Konsumen Bayar Tunai – Top Up Via Canvasser Kioson