PT Mitra Sarana Berkat atau disingkat MSB merupakan anak usaha milik PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk. Didirikan pada tanggal 26 November 2015. Berdasarkan Surat Pernyataan Keputusan Pemegang Saham No. 255, tanggal 26 Januari 2017, yang diketahui oleh notaris Hasbullah Rasyid. Modal yang ditempatkan dan disetor penuh ke perusahaan sebesar Rp 95. 333.333.000,- (sembilan puluh lima miliyar tiga ratus tiga puluh tiga juta tiga ratus tiga puluh ribu rupiah). MSB didirikan dengan tujuan untuk memperluas lini bisnis induk usaha yang memiliki kegiatan utama yaitu penjualan produk-produk yang dikeluarkan oleh operator Telkomsel Indonesia.PT MSB memiliki jumlah total saham sebanyak 95.333.333 lembar saham. Susunan kepemilikan saham sebagai berikut :

 

PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk                                      : 74,99 %

PT Indonesia Teknologi Persada                                              : 25,00 %

Roby Tan                                                                                 : 0,01 %

 

 

Struktur Organisasi PT Mitra Sarana Berkat (MSB)

Komisaris                                                                                 : Redi Sopyadi

Direktur                                                                                   : Roby Tan

 

Kegiatan Utama PT Mitra Sarana Berkat (MSB)

  1. Fokus pada penjualan produk-produk yang dikeluarkan oleh PT Telkomsel Indonesia, seperti voucher isi ulang pulsa dan sim card.

 

  1. Sebagai retailer dari produk-produk operator Telkomsel, MSB juga menyediakan tempat sekaligus mengelola outlet Grapari Telkomsel yang tersebar di beberapa daerah seperti Jawa, Bali, dan Sumatera.

 

Anak Usaha

PT Mitra Sarana Berkat (MSB) memiliki tiga anak usaha yaitu

  1. PT Catalist Integra Prima Sukses (CIPS)

PT CIPS didirikan pada tanggal 6 Juli 2006 dengan lingkup usaha pendistribusian dan penjualan voucher pulsa isi ulang, sim card, dan pengelolaan gerai penjualan (Grapari) yang dikeluarkan oleh operator selular terbesar di Indonesia yaitu PT Telkomsel Indonesia. Modal disetor penuh sebesar Rp 28.750.000.000,- (dua puluh delapan tujuh ratus lima puluh juta rupiah). Struktur permodalan CIPS sebagai berikut :

PT Mitra Sarana Berkat (MSB)     : 85 %

PT Arifindo Fima Utama (AFU)   : 5 %

Wilayah operasional : Pondok Gede (Jakarta), Ciamis, Surakarta (Solo), Pringsewu (Lampung), Meulaboh (NAD), dan Bali Timur.

 

  1. PT Arifindo Mandiri (AM)

PT AM didirikan sejak 5 Juni 2000. Kegiatan usahanya mencakup pendistribusian dan penjualan voucher pulsa isi ulang, sim card, dan pengelolaan gerai penjualan (Grapari) yang dikeluarkan oleh operator selular terbesar di Indonesia yaitu PT Telkomsel Indonesia. AM didirikan dengan modal dasar sebesar Rp 60 M dengan jumlah saham sebanyak 480.000 lembar saham.

 

Wilayah operasional : Pati (Jawa Timur), Subang (Jawa Barat), Bungo (Jambi), Lubuk Linggau & Palembang (Sumatera Selatan).

 

  1. PT Kasih Anugerah Kreasi (KAK)

PT KAK didirikan pada tanggal 3 Maret 2016. Kegiatan usahanya meliputi bidang perdagangan, pembangunan, industry, jasa, pertanian, transportasi, angkutan darat, perbengkelan, dan percetakan. KAK didirikan dengan modal dasar sebesar Rp 1 M dengan jumlah saham sebanyak 10.000 lembar saham.

 

  1. PT Permata Ibu Optima (PIO)

PT PIO didirikan pada tanggal 25 November 2016. Kegiatan usahanya mencakup meliputi penjualan produk-produk Telkomsel (Voucher isi ulang pulsa dan sim card), pengelolaan gerai atau toko, dan penjualan produk telekomunikasi lainnya. PIO dibentuk dengan modal dasar sebesar Rp 40 M dengan jumlah saham dasar yang tercatat sebesar 40.000 lembar saham. Sementara jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh sebesar Rp 10 M, yang terdiri dari Rp 5,1 M disetor oleh PT MSB dan Rp 4,9 M disetor oleh PT Galaxy Reload Optima (GRO), sedangkan sisanya masih dalam portepel. PT MSB memiliki 51 % saham atas PT PIO sedangkan 49% dimiliki oleh PT GRO.

 

Kegitaan utama PT PIO yaitu bidang pendistribusian dan penjualan voucher pulsa isi ulang, sim card, dan pengelolaan gerai penjualan (Grapari) yang dikeluarkan oleh operator selular terbesar di Indonesia yaitu PT Telkomsel Indonesia. Pada prosesnya, PT PIO akan mendirikan gerai-gerai penjualan dan juga layanan untuk produk Telkomsel yang biasa disebut gerai Grapari, khusus di daerah Provinsi Banten.

 

Wilayah Operasional: Serang, Cilegon, Rangkas, Labuan, dan Malingping.